KLIK DISINIMari Baca Berita Politik Nasional Indonesia Terbaru !

3 Fakta Menarik Terjadinya Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018

3 Fakta Menarik Terjadinya Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018
Majalah24 – 3 Fakta Menarik Terjadinya Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018, Gerhana Bulan Total (GBT) bakal terjadi di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

3 Fakta Menarik Terjadinya Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018, Momen itu akan jatuh pada Rabu 31 Jan 2018 mendatang atau bertepatan tanggal 14 Jumadil Ula 1439 H.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin, mengatakan, seluruh umat Islam melakukan salat sunnah gerhana bulan secara berjamaah.

Warga juga diimbau zikir, istighfar, sedekah, dan beramal baik lainnya.

“Di samping itu kami mengimbau agar umat Islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara,” tutur dia.

Sementara menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, gerhana bulan total yang akan terjadi nanti akan berlangsung cukup lama.

Fenomena alam ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Dia mengungkapkan, gerhana bulan tahun ini sangat menarik. Ada sejumlah alasan mengapa gerhana bulan ini sangat istimewa. Apa saja yang Terjadi ?

1. Dapat Disaksikan Oleh Seluruh Indonesia

3 Fakta Menarik Terjadinya Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018
Penampakan gerhana bulan parsial (penumbra) di langit kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (8/8). Gerhana Bulan Sebagian kali ini adalah satu-satunya gerhana yang dapat dilihat dan dinikmati masyarakat di seluruh wilayah Indonesia

Thomas Djamaluddin mengungkapkan, gerhana bulan total akan terjadi di Indonesia. Fenomena tersebut dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

2. Terjadinya Gerhana Bulan Dimulai 18.48 WIB

3 Fakta Menarik Terjadinya Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018
Gerhana bulan parsial (penumbra) tampak di langit kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (8/8). Fase Gerhana Bulan Sebagian dari muncul hingga gerhana berakhir diperkirakan dimulai pukul 22.48 WIB dan berakhir 03.52 WIB.

 

Selain itu, Thomas Djamaluddin juga mengungkapkan gerhana bulan total akan berlangsung cukup lama. Detik-detik gerhana bulan total pun akan dimulai pada pukul 18.48 WIB.

“Prosesnya, mulai pukul 18.48 WIB bagian bawah purnama mulai tergelapi oleh bayangan bumi.

Kemudian pukul 19.52 WIB sampai 21.08 WIB bulan menjadi gelap kemerahan saat seluruh purnama masuk ke bayangan inti bulan.

Warna merah disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi,” kata Thomas kepada Tim Majalah24.com, Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Setelah itu, ucap dia, secara perlahan cahaya purnama mulai tampak dari bagian kanan bawah. Proses gerhana akan berakhir pada pukul 22.11 WIB.

3. Timbulnya Gerhana Unik

3 Fakta Menarik Terjadinya Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018
Gerhana matahari parsial terlihat di atas Gateway Arch, Missouri, Senin (21/8). Gerhana Matahari Total tahun ini membuat gelap sebagian wilayah Amerika Serikat yang dilintasi oleh bayangan Bulan

Thomas Djamaluddin juga menjelaskan, gerhana bulan total kali ini sangat istimewa. Ini lantaran fenomena alam itu memiliki beragam sebutan.

Pertama yaitu Super Moon. Sebutan itu disematkan karena jarak bulan sangat dekat dengan bumi. Karena itu, purnama dan gerhana tampak lebih besar dari biasanya.

“Kemudian juga disebut Blue Moon karena ini purnama kedua pada Januari, setelah 1 Januari lalu,” kata dia.

Di samping itu, gerhana bulan total juga sering disebut Blood Moon karena saat gerhana total, bulan tampak merah darah.

“Jadi gerhana bulan pada 31 Januari 2018 boleh disebut Super-Blue-Blood-Moon,” kata dia.

Baca Juga : AHOK AKAN BERTEMU VERONICA TAN DIPENGADILAN SAAT MENJALANI SIDANG PENCERAIAN

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *