KLIK DISINIMari Baca Berita Politik Nasional Indonesia Terbaru !

Risiko Penyakit Ini Bakal Mengintai Anda Jika Sering Gonta-ganti Pasangan

Majalah24.com – Selain bertentangan dengan budaya timur dan juga perintah agama, tren atau perilaku seseorang yang kerap bergonta-ganti pasangan bisa menyebabkan penyakit menular seksual (PMS).

PMS adalah penyakit yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual. Bisa melalui hubungan seksual, oral seks, ataupun seks anal. Tapi tidak menutup kemungkinan PMS bisa terjadi karena penggunaan jarum suntik yang tidak steril, dari ibu ke bayi pada saat hamil dan menyusui atau melalui transfusi darah.

Inilah beberapa penyakit yang bisa menular akibat bergonta-ganti pasangan:

Hepatitis B
Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Bila terkena penyakit ini, hati penderitanya bisa membengkak dan mengalami kerusakan. Di tingkat yang lebih parah bisa menyebabkan kanker hati.

HIV/AIDS
HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus penyebab AIDS (acquired immune deficiency syndrome). Bergonta-ganti pasangan membuat virus HIV menyebar dengan lebih mudah. Jika sudah terkena AIDS, sistem kekebalan tubuh penderitanya akan menurun sehingga lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini.

HPV
Human papillomavirus adalah virus yang memengaruhi kulit, tenggorokan, leher rahim, anus, dan mulut. Virus ini memiliki lebih dari 100 jenis di mana 40 di antaranya dapat menyebabkan kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker serviks. Penyakit lain bisa ditimbulkan adalah kutil kelamin.

Baca Juga : 5 Alasan kenapa berhubungan seks di pagi hari itu penting

Kudis
Ini adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh Sarcoptes scabiei. Mereka bisa masuk ke kulit dan bertelur. Jika terkena penyakit ini, penderita akan mengalami ruam kulit dan rasa gatal yang hebat. Penderita kudis seringkali tidak menyadari kondisinya selama beberapa minggu setelah infeksi awal sehingga penyakit bisa menyebar dengan cepat.

Sifilis
Penyebab penyakit ini adalah bakteri Treponema pallidum. Hal ini ditularkan melalui hubungan seksual terutama pada orang yang memiliki lesi sifilis. Penyakit ini menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Selain itu, penyakit ini meningkatkan risiko terkena HIV.

Gonore
Penyakit ini lebih mudah terjadi karena oral seks dan disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Pada wanita, penyakit ini bisa menyebabkan radang panggul. Sedangkan pada pria dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar prostat, uretra, atau epididimis.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *