Manfaat Berhubungan Seks Bagi Kesehatan

Majalah24.com – Bagi pasangan suami istri, berhubungan intim adalah suatu kebutuhan biologis yang tidak dapat dihindari untuk meningkatkan keharmonisan dalam pernikahan. Sebagai manusia normal, tentunya kita sangat membutuhkan seks.

Tidak hanya dapat mempererat ikatan pernikahan, seks yang sehat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, seks dapat menurunkan risiko seseorang terkena kanker.

Bagaimana seks bekerja untuk menurunkan risiko kanker dan apa saja manfaat seks lainnya bagi kesehatan? Berikut ulasannya, dilansir dari Everyday Health :

Meningkatkan kesehatan jantung

Sama seperti aktivitas fisik, seks yang sehat sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa risiko kematian akibat peristiwa penyakit jantung, seperti stroke atau serangan jantung, menurun setelah frekuensi orgasme baik Anda meningkat seiring waktu.

Bagi Anda yang khawatir bahwa pengerahan tenaga saat berhubungan seks merupakan ancaman bagi jantung, analis menunjukkan bahwa saat-saat yang paling intens seksual (dengan asumsi Anda tidak biasa bertenaga dalam kegiatan Anda), sama bermanfaatnya bagi jantung seperti Anda berjalan sekitar 4-6 mil per jamnya. Tentu saja, hal ini dapat membantu jantung dan kehidupan seksual Anda secara keseluruhan untuk tetap bugar.

Meringankan rasa sakit

Hanya dengan melihat pasangan Anda (atau bahkan foto pasangan Anda), dapat meringankan rasa sakit yang Anda derita. Ketika ahli anestesi menganalisis orang yang diminta untuk melihat foto romantis bersama pasangan atau foto orang asing yang menarik, atau meminta mereka terlibat dalam permainan kata, para ahli menemukan bahwa mitra romantis secara signifikan menurunkan rasa nyeri.

Jadi, meskipun Anda berpikir bahwa nyeri adalah penghalang untuk berhubungan seks, pertimbangkan satu manfaat seks ini dengan waktu dan usaha. Luangkan waktu untuk benar-benar melihat pasangan Anda.

Sementara penelitian lain membuktikan bahwa wanita bisa mendapatkan bantuan dari kram menstruasi melalui orgasme yang baik.

Baca Juga : PHOTO: Intip Proses Pemeriksaan Kanker Payudara dengan Mammogram

Mengurangi stres

Seks yang sehat menawarkan efek menenangkan yang sama dari makanan yang manis, ketika datang untuk mengurangi stres. Para peneliti berteori bahwa pengurangan stres ini terjadi karena jalur kesenangan otak yang dipicu oleh seks lebih bertahan lama dari yang kita kira.

Mencegah kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria dapat mengurangi risiko kanker prostat secara proporsional melalui orgasme yang baik dan menstimulasi testis mereka. Sementara penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat lainnya dari seks dalam hal mencegah kanker.

Tidur lebih baik

Meskipun para ahli tidak tahu persis mengapa seks dapat meningkatkan tidur, tampaknya ada beberapa bukti bahwa hal itu terjadi. Jadi jangan terlalu heran jika Anda atau pasangan Anda tertidur tak lama setelah berhubungan seks yang memuaskan dan bangun dengan perasaan segar.

Meningkatkan mood

Tak heran jika Anda akan memiliki pikiran yang positif pasca seks. Ada alasan-alasan biokimia untuk mengalami peningkatan suasana hati sebagai manfaat seks. Mulai dari neurotransmitter yang dapat dilepaskan selama berhubungan seks sehat hingga mood peningkat penetrasi yang terkandung di dalam air mani itu sendiri. Selain itu, kata-kata manis dari pasangan Anda yang juga dapat meningkatkan mood Anda.

Mencerahkan kulit

Anda akan terlihat ‘bercahaya’ setelah Anda berhubungan seks. Bahkan seks membantu Anda terlihat lebih muda. ‘Cahaya’ yang Anda dapatkan itu berkaitan dengan kombinasi menghilangkan stres, mood yang lebih baik serta mengalirnya darah di bawah kulit Anda yang merupakan bagian alami dari proses gairah.

Menikmati kehidupan seks yang sehat adalah salah satu kegembiraan besar dalam hidup pasangan suami istri. Mengenal secara intim bisa menjadi keuntungan jangka panjang bagi kesehatan Anda serta membuat hidup Anda jauh lebih menyenangkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *