Berkenalan Lebih Intim dengan Vagina Wanita

Majalah24.com – Pertama-tama, ketahui pelajaran kecil ini: Apa yang biasa kita sebut sebagai vagina sebenarnya adalah vulva. Vulva adalah istilah umum untuk bagian luar alat kelamin wanita: klitoris, labia, dan mulut vagina.

Vagina sendiri sebenarnya adalah bagian dari paket ini: yaitu kanal yang bermula dari vulva menuju serviks. Labia, sering disebut sebagai bibir vagina, mengelilingi mulut vagina.
Bibir bagian luar, atau labia mayora, melindungi bibir dalam yang lebih sensitif–disebut labia minora. Bibir vagina ini tak hanya berfungsi sebagai pintu gerbang, mereka juga sangat sensitif terhadap stimulasi seksual.

Ukuran dari bibir vagina, terutama bibir bagian dalam, sangat bervariasi. Hal inilah yang kemudian menimbulkan kekhawatiran wanita, seperti: “Apakah mereka memang seharusnya terlihat seperti ini?”
Seperti melansir Prevention, Rabu (27/12/2017), walaupun tidak ada klasifikasi resmi, ada beberapa cara yang bisa membuat labia Anda berbeda dengan yang lain. Dan, tak peduli apapun yang pernah Anda dengar–hal itu sebenarnya normal.

Tak ada ukuran standar

Kebanyakan wanita percaya, bibir luar harusnya lebih besar dan lebih kenyal dibanding bagian dalam. Namun sejujurnya, banyak wanita yang memiliki bibir bagian dalam yang besar.

Literatur ilmiah sebelumnya menyiratkan, bibir dalam yang lebih besar dari 4cm dari tengah ke pinggir bisa dianggap tidak normal.
Namun suatu studi yang diterbitkan dalam BJOG: An Internaional Journal of Obstetrics and Gynaecology di tahun 2005 menemukan, wanita yang sehat memiliki variasi ukuran labia minora yang sangat beragam–termasuk bisa lebih besar dari 4 cm.

Labia Anda bisa jadi tak persis sama

Walau beberapa wanita ada yang memiliki labia simetris, bukanlah hal yang tak normal jika labia Anda berbeda ukuran. Dan pada beberapa wanita, ada yang labia-nya menjulur keluar, sedangkan yang lain terlipat ke dalam.
Tak peduli seperti apa tampilan mereka, labia memiliki fungsi yang sama: mencegah masuknya bakteri, dan tempat menerima stimulasi seksual.

Baca Juga : Video Pamer Payudara Saat Live, Wanita Bernama ‘Olyvia’ Ini Viral !

Cakupan warnanya cukup luas

Membicarakan warna vagina tidak akan ada batasnya. Bibir bagian dalam bisa berwarna cerah seperti pink, atau gelap seperti cokelat. Bahkan, bagian-bagian yang berbeda dari bibir dalam juga bisa memiliki warna yang bervariasi juga–bagian luar biasanya lebih gelap.
Perlu diingat juga, warna kulit tubuh yang terang tidak akan menjamin bibir vagina Anda akan berwarna merah muda.

Beberapa kasus yang mengharuskan konsultasi dokter

Jika Anda mengalami rasa nyeri, melepuh, atau gatal, segeralah membuat janji dengan dokter. Simtom tadi bisa menandakan infeksi, penyakit menular seksual, atau penyakit kulit.

Dan walaupun sisi medis memandang sebelah mata pada penggunaan labiaplasty untuk alasan kosmetik, hal itu bisa terjadi karena alasan medis. Seperti kerusakan saat melahirkan, labia terlalu besar mereka bisa jadi menyakitkan dan tidak nyaman sangat menggunakan pakaian, atau bisa jadi ada kanker yang menyerang labia Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *