KLIK DISINIMari Baca Berita Politik Nasional Indonesia Terbaru !

Hakim Tetap Akan Lanjutkan Sidang E-ktp Setya Novanto

Majalah24,- Majelis hakim tetap akan lanjutkan sidang E-ktp setya novanto.Ketua Majelis Hakim Yanto menyatakan, surat dakwaan yang disusun jaksa penuntut umum telah sah sebagai dasar pemeriksaan perkara tersebut.

Majelis hakim juga menolak eksepsi atau nota keberatan yang diajukan Setnov secara keseluruhan.

Ketua majelis hakim Yanto menyatakan,”keberatan kuasa hukum tidak dapat diterima sehingga pemeriksaan perkara ini harus dilanjutkan. Mengadili menyatakan keberatan eksepsi kuasa hukum terdakwa tidak dapat diterima,”.

Dalam keputusannya,surat dakwaan dpenuntut umum tanggal 6 Desember 2017 telah memenuhi syarat formil dan materiil sesuai ketentuan Pasal 143 KUHAP dan sah menurut hukum.

Dan pernyataan ini juga sekaligus membantah eksepsi tim kuasa hukum setnov yang menilai surat dakwaan itu cacat prosedur lantaran tidak disusun secara cermat, jelas, dan lengkap.

Hakim Yanto menuturkan, dalam surat dakwaan telah menyebutkan nama lengkap terdakwa, tempat tanggal lahir, agama, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan tempat tinggal sebagai syarat formal.

Sementara dalam syarat materiil, jaksa telah memberikan penjelasan secara lengkap tentang waktu dan tempat tindak pidana dilakukan.

Menurut hakim,surat dakwaan baru dapat dibatalkan jika perkara kedaluwarsa,didakwakan tidak sesuai pidana yang dilakukan, masuk dalam perkara perdata, dan termasuk dalam delik aduan.

Dalam persidangan pekan lalu, jaksa penuntut umum telah meminta majelis hakim melanjutkan persidangan untuk pemeriksaan materi pokok perkara.

Tim jaksa menilai, surat dakwaan Setnov telah memenuhi syarat sebagai dasar untuk melanjutkan persidangan.

Mereka juga meminta majelis hakim menolak eksepsi atau nota keberatan yang diajukan kuasa hukum Setnov.

 

Baca juga :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *