Hati-hati, Doyan Minum Alkohol Picu 7 Jenis Kanker

Majalah24.com – Salah satu penyebab kanker adalah pola gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol.

“Kebiasaan meminum alkohol dapat menyebabkan kanker dan potensinya sebesar empat sampai enam persen,” ucap Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp. PD-KHOM, dalam konferensi pers mengenai pencegahan kanker yang digelar oleh Yayasan Kanker Indonesia dan Mundipharma pada Kamis (24/8/2017) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut Dr. Aru menjelaskan ada tujuh macam kanker akibat konsumsi alkohol. Di antaranya yaitu kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker pangkal tenggorokan, kanker kerongkongan, kanker payudara, kanker hati, dan kanker usus.

“Potensi kanker paling besar yang disebabkan oleh alkohol adalah kanker usus dan kanker payudara. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi wanita karena berpotensi lebih besar dibandingkan pria,” lanjutnya.

Mengutip laman WebMD, Kamis (24/8/2017), dari perspektif kesehatan masyarakat, alkohol diperkirakan menyebabkan sekitar setengah juta kematian akibat kanker pada tahun 2012, yaitu sebesar 5,8 persen kematian akibat kanker di seluruh dunia. Risiko tertinggi dikaitkan dengan minuman dengan kadar alkohol tinggi. Namun risiko cukup besar juga dialami oleh peminum dengan konsumsi rendah sampai sedang.

Selain alkohol, obesitas juga picu kanker

Dr. Aru juga menjelaskan kanker yang dapat dipicu oleh kelebihan berat badan atau obesitas.

“Obesitas bisa menyebabkan kanker, yaitu kanker kerongkongan, kanker payudara, kanker hati, kanker kantung empedu, kanker pankreas, kanker ginjal, kanker usus dan kanker rahim,” papar dokter yang juga Ketua Yayasan Kanker Indonesia ini.

Dr. Aru menjelaskan, potensi terbesar yang dapat disebabkan oleh obesitas adalah kanker payudara, kanker usus, dan kanker rahim. Untuk itu penting sekali bagi masyarakat, terutama wanita untuk menghindari alkohol dan menjalani diet dengan asupan nutrisi seimbang agar terhindar dari kanker.

Selain itu, maksimalkan berolahraga secara rutin untuk membakar kalori dan menjaga berat badan tetap ideal. Olahraga juga memberikan banyak manfaat lainnya bagi kesehatan, seperti kebugaran tubuh dan meningkatkan fungsi organ tubuh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *