KLIK DISINIMari Baca Berita Politik Nasional Indonesia Terbaru !

Republik Indonesia Tidak Akui Kemerdekaan Catalonia

Majalah24,-  Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan tidak mengakui “pernyataan sepihak” kemerdekaan Catalonia dari Spanyol.

“Catalonia adalah bagian integral Spanyol. Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia,” kata Menlu Retno Marsudi lewat akun Twitter Kementerian.

Parlemen regional Catalonia menyatakan merdeka setelah menggelar pemungutan suara pada Jumat, hanya beberapa saat sebelum pemerintah pusat Spanyol mencabut otonomi daerah tersebut.

Baca juga : FPI Akan Gugat UU Ormas ke MK

Selain Indonesia, negara-negara Eropa telah lama menyatakan akan mendukung Spanyol terkait permasalahan ini. Amerika Serikat pun telah menyatakan dukungannya kepada Madrid.

Uni Eropa memang sedang khawatir akan perkembangan sentimen nasionalisme dan semangat memisahkan diri setelah Inggris memutuskan akan keluar dari blok benua biru.

Presiden Uni Eropa Donald Tusk berkeras Madrid “masih menjadi satu-satunya teman bicara kami” di Spanyol.

Namun, ia juga mengimbau Madrid menahan diri. “Saya harap pemerintah Spanyol lebih memilih kekuatan argumen ketimbangan argumen kekuatan.”

Baca juga : Mengulik Alasan Pria Menyewa Pelacur

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy memutuskan untuk menerapkan kekuasaan pemerintahan pusat di wilayah tersebut dan membubarkan parlemen regional untuk menenangkan keadaan.

Namun, sejumlah pengamat justru menyatakan langkah itu bisa memicu kekisruhan dan bentrokan serius, menyusul kekerasan yang sudah terjadi pada 1 Oktober lalu, saat polisi mencoba mengadang warga yang hendak menyampaikan suara dalam referendum kemerdekaan.

Referendum itu hanya dihadiri oleh 47% dari total pemilih terdaftar. Namun, otoritas setempat berkeras menyatakan kemerdekaan karena mendapatkan 90% dukungan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *