KLIK DISINIMari Baca Berita Politik Nasional Indonesia Terbaru !

Megawati Soekarnoputri: Membina Ideologi Pancasila itu Berat

Membina Ideologi Pancasila

majalah24.com, JAKARTA – Pembinaan ideologi Pancasila adalah perihal yang begitu sakral serta terpenting untuk mengawasi persatuan bangsa Indonesia. Akan tetapi, melakukan atau Membina ideologi Pancasila bukan masalah gampang.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menceritakan mengenai Tubuh Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) serta mengaku menggerakkan pembinaan ideologi Pancasila pada bangsa Indonesia itu berat.

Megawati mengemukakan hal tersebut dalam pidatonya pada pembukaan Rapat Pengaturan Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu 2019 PDI Perjuangan, di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Sabtu (1/9/2018).

Ada pada pembukaan Rakornas Pemenangan Pemilu 2019, diantaranya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum serta HAM Yasonna H Laoly, serta Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Menurut Megawati, BPIP dibuat oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya BPIP bernama Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP).

Instansi UKP-PIP, menurut Megawati, adalah unit kerja presiden yaitu jadi sisi dari kerja Presiden Joko Widodo.

“Dengan bentuk itu, bila Presiden bertukar karena itu UKP-PIP belumlah pasti berlanjut, karena ikuti kebijakan Presiden selanjutnya,” tuturnya.

Walau sebenarnya, katanya, kerja pembinaan ideologi Pancasila itu begitu sakral serta terpenting untuk mengawasi persatuan bangsa.

Karenanya, dewan pengarah serta pimpinan UKP-PIP menyarankan supaya bentuk lembaganya ditukar jadi tubuh, hingga bisa jadi instansi berdiri sendiri serta sama kemampuan hukumnya dengan tubuh yang lain.

“UKP-PIP lalu bentuk lembaganya dirubah jadi BPIP,” tuturnya.

Menurut Megawati, anggota Dewan Pengarah BPIP banyak yang usianya telah lanjut, diantaranya, Try Sutrisno, Ahmad Syafii Maarif, Ma’ruf Amin, serta Megawati Soekarnoputri.

“Saya sempat menanyakan dengan Pak Jokowi, mengapa Dewan Pengarah BPIP banyak yang telah sepuh. Pak Jokowi menjawab, jika telah sepuh, telah tidka memprioritaskan kebutuhan duniawi lagi,” tuturnya.

Peserta Rakornas Pemenangan Pemilu 2019 juga ketawa.

Megawati juga mengaku menggerakkan pembinaan ideologi Pancasila sekarang ini cukuplah berat karena rintangannya juga makin berat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *