KLIK DISINIMari Baca Berita Politik Nasional Indonesia Terbaru !

Pejabat Dituding Beternak Dollar, Moeldoko Janji Tukar ke Rupiah

Moeldoko meminta pejabat lain untuk menjual dollarnya sebagai bentuk nasionalisme agar ekonomi Indonesia tetap berjalan baik.

Majalah24.comEkonom Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menyatakan beberapa pejabat dan tokoh politik beternak dollar atau mengumpulkan dollar Amerika Serikat guna meraup untung saat pelemahan nilai tukar rupiah. Kegiatan ini dituding memberikan dampak terhadap pelemahan rupiah.

Faisal menyebutkan beberapa deret pejabat dan tokoh politik yang menyimpan dollar dalam jumlah besar, seperti mantan Panglima TNI Moeldoko yang kini menjabat Kepala Staf Kepresidenan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Menteri Agama (Lukman Hakim Saifuddin).

Moeldoko mengklaim menyimpan dollar untuk kebutuhan pendidikan dua anaknya di luar negeri yakni di Amerika Serikat dan Inggris. Dia juga menyatakan menyimpan dollar sebagai instrumen investasi. “Sebagian sudah menyusut (nilainya),” kata Moeldoko.

Dia menyatakan akan segera menukar dollar AS yang dimilikinya saat ini dengan mata uang rupiah. Tujuannya untuk membantu negara memulihkan nilai tukar rupiah yang saat ini melemah. “Saya sudah ancang-ancang rupiahkan untuk membantu,” kata dia di Jakarta, Jumat (13/7).

(Baca juga: KEUNTUNGAN MEMBELI SAHAM FREEPORT DARI PT FREEPORT INDONESIA )

Berdasarkan penelusuran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2013, Moeldoko memiliki US$ 450 ribu. Angka ini tak berubah dari LHKPN setahun sebelumnya.

Nilai dollar AS yang dimiliki Moeldoko berbeda dengan yang disampaikan Faisal. Faisal sebelumnya menyebutkan jika Moeldoko menyimpan harta US$ 200 ribu.

Moeldoko meminta pejabat lain untuk menjual dollarnya sebagai bentuk nasionalisme agar ekonomi Indonesia tetap berjalan baik. “Saya pikir ini tanggung jawab kita semua,” ujar dia.

Berdasarkan penelusuran data LHKPN, Luhut Binsar Pandjaitan merupakan pejabat yang memiliki dollar di atas satu juta. Sementara SBY merupakan tokoh politik yang memiliki dollar lebih dari satu juta.

Berikut jumlah dollar yang dimiliki beberapa tokoh berdasarkan data LHKPN:

Luhut Binsar Pandjaitan

US$ 295.494 (2001)

US$ 1.862.019 (2015)

SBY

US$ 589.189 (2012)

US$ 1.138.444 (2014)

Moeldoko

US$ 450.000 (2012)

US$ 450.000 (2013)

Lukman Hakim Saifuddin

US$ 114.672 (2014)

Prabowo Subianto

US$ 3.134 (2014)

Faisal Basri mengatakan perlu kerja sama berbagai pihak untuk mencegah rupiah semakin melemah, di antaranya dengan menukarkan dollar yang mereka miliki.

Dia mengatakan, Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan Bank Indonesia (BI) untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah melalui kebijakan bunga acuan maupun intervensi di pasar dengan cadangan devisa. Apalagi, dalam lima bulan terakhir cadangan devisa sudah tergerus US$ 12 miliar.

Nilai tukar rupiah kembali melemah setelah libur panjang Lebaran pada Juni lalu. Nilai tukar rupiah belum kunjung mereda meskipun BI sudah kembali menaikkan bunga acuan 0,5% di akhir Juni. Saat ini, nilai tukar rupiah berada di kisaran 14.300-14.400-an per dollar AS.

(Baca juga: INALUM DAN FREEPORT TEKEN KESEPAKATAN DIVESTASI 51% SAHAM )

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *