Resmi ! Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI

Majalah24,- Presiden Republik Indonesia,Joko Widodo telah resmi melantik Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Pelantikan Hadi dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/12) sore tadi.

Hadi yang sebelumnya menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) itu dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 83 TNI Tahun 2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Hadi direkomendasikan jadi Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang pensiun pada 1 April 2018.

Pelantikan Hadi diawali dengan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan pembacaan Keppres soal pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Selanjutnya Jokowi memandu Marsekal Hadi membacakan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung, dengan rupa atau dalil apapun juga, tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapapun juga,” kata Hadi di hadapan Jokowi.

Dalam pelantikan ini hadir beberapa figur menteri dan pejabat di jajaran Kabinet Kerja, termasuk Gatot Nurmantyo yang tiba bersama istrinya. Selain itu, hadir pula pejabat tinggi TNI lain, seperti Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Moelyono dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi.

Sejumlah pihak sudah memberikan masukan kepada Hadi mengenai sejumlah poin yang harus menjadi prioritas Hadi saat menjabat Panglima TNI.

Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), misalnya, mencatat ada tujuh pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan Hadi ketika resmi menjadi Panglima TNI.

Hadi diminta mengutamakan penuntasan pelanggaran HAM berat di masa lalu dan masa kini, mendorong pembenahan mekanisme peradilan militer, membuat kejelasan dalam peran TNI menangani terorisme, menjamin netralitas di tahun politik, serta penghapusan budaya kekerasan di TNI.

Selain itu, KontraS juga merekomendasikan Hadi agar menjalin hubungan dengan Polri dan Kementerian Pertahan secara harmonis, serta menyelidiki dugaan praktik bisnis oknum militer di seluruh Indonesia.

Baca juga : Mundur sebagai Pengacara Setya Novanto,Ini Alasan Otto Hasibuan
Baca juga : FPI Minta Jokowi Usir Dubes AS dari Indonesiaa
Baca juga : Donald Trump Resmi Jadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *