KLIK DISINIMari Baca Berita Politik Nasional Indonesia Terbaru !

Ribuan Pilot Garuda Indonesia Ancam Mogok,Ini Dampak Utamanya

Asosiasi Pilot Garuda (APG) memastikan 1.300 pilot dan 5.000 kru Garuda Indonesia akan melakukan mogok kerja dalam waktu dekat. Pengamat Penerbangan Alvin Lie merinci setidaknya ada tiga dampak yang akan terjadi apabila rencana itu jadi dilaksanakan. “Saya mengimbau teman-teman Serikat Karyawan Garuda maupun Asosiasi Pilot Garuda untuk mempertimbangkan kembali aksi mogok yang akan dilakukan pada puncak arus mudik tersebut, bahwa pernyataan itu pun telah berdampak luas,” ujar anggota Ombudsman RI itu kepada Tempo, Jumat, 1 Juni 2018.

Pertama, Alvin menyebut rencana itu akan membuat Garuda semakin merugi. Sejak merebaknya kabar soal rencana itu, ia mengamati para calon penumpang maskapai pelat merah yang telah membeli tiket akan mempertimbangkan untuk membatalkan penerbangannya dan beralih ke maskapai lain.

Sementara yang belum beli tiket, kata Alvin, menjadi was-was untuk membeli tiket Garuda. “Ini akan membuat kondisi keuangan garuda semakin terluka dan merugi,” kata dia.

Kedua, rencana mogok itu juga akan berdampak terhadap PT Angkasa Pura dan PT Angkasa Pura II. Alvin mengatakan perusahaan pengelola bandar udara itu mesti mempersiapkan rencana-rencana darurat bila pemogokan benar terjadi. Sebab, aksi tersebut diprediksi akan menimbulkan penumpukan penumpan dan barang di bandara. “Ini butuh kerja yang tidak sedikit.” Ketiga, aksi mogok tersebut juga akan berimbas kepada tercorengnya nama baik Indonesia di dunia penerbangan internasional. Sebab, garuda tidak hanya mengangkut penumpang untuk penerbangan domestik, melainkan juga internasional. “Garuda ini kan juga bagian dari Skyteam. Mereka juga kerjasama mengangkut penumpang maskapai di Skyteam itu juga kan,” kata Alvin.

Menimbang dampak-dampak yang cukup luas itu Alvin berharap para pihak yang berkonflik bisa cepat melakukan musyawarah untuk mendapatkan solusi-solusi perbaikan dan mengatasi hal-hal yang selama ini dianggap sebagai ganjalan-ganjalan bagi pilot dan pegawai Garuda dalam mengerjakan tugas mereka.

Baca Juga : 

INILAH DERETAN ORANG YANG MERASA MIRIP ARTIS, BAGAIMANA MENURUTMU?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *