KLIK DISINIMari Baca Berita Politik Nasional Indonesia Terbaru !

Sederet Manfaat Seks Bagi Kesehatan Fisik

Majalah24.com – Seks mampu mengikat kedekatan emosional Anda dengan suami atau istri. Namun tahukah Anda bahwa seks juga mempunyai sederet manfaat bagi kesehatan fisik?

Baca  Juga : 8 Hal Tentang Seks yang Gak Akan Pernah Diceritakan Orangtuamu Padahal Penting

Pendiri sekaligus ahli seksologi dari Klinik ofEros Coaching, dr Martha Lee, mengatakan dalam pengobatan Cina, energi yang timbul dari kegiatan seksual telah lama dikaitkan dengan dasar kesejahteraan emosional seseorang. “Semakin banyak orang mengakui, bahwa seks memiliki peran penting terhadap rasa kesejahteraan dan kualitas hidup,” ujarnya seperti dilansir dari Elite Daily baru-baru ini.

Berikut adalah beberapa manfaat spesifik seks untuk kesehatan Anda.

1. Seks membantu membangun kekebalan tubuh

Seks adalah latihan aerobik yang sangat baik. Pasalnya seks bisa meningkatkan detak jantung dan memompa oksigen ke seluruh tubuh yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi, dan membuat Anda tetap berberat badan ideal. Tidak hanya itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa seks secara teratur dapat meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh. Studi yang dilakukan oleh Ohio University College of Osteopathic Medicine mengungkapkan, bahwa penderita kanker payudara yang mengalami orgasme, bisa pulih lebih cepat daripada mereka yang tidak. Hal ini terjadi karena orgasme meningkatkan kadar sel limfosit T3 dan T4, yakni sejenis sel darah putih yang menghasilkan antibodi dan terbukti melawan infeksi sebanyak dua puluh persen. “Bukankah itu luar biasa,” kata dr Lee.

2. Seks dapat dihitung sebagai latihan fisik

Jika Anda tidak ingin pergi ke gym, maka berhubungan seks mungkin dapat menjadi trik untuk latihan kebugaran harian Anda. “Anda bisa membakar antara 100 dan 250 kalori per jam dan juga melatih kelompok otot utama pada saat bersamaan,” kata dr Lee. Apabila Anda memiliki seks yang cukup aktif dua kali sepekan, maka Anda membakar 5.000 kalori per tahun. Menurut dr Lee, ini sama saja dengan kecepatan lari 50 mil.

3. Seks membantu menjaga kesehatan kardiovaskular

Jika mengalami masalah jantung (secara fisik, bukan emosional), maka seks bisa menjadi baik untuk kesehatan. Dr Lee mengatakan seks meningkatkan detak jantung menjadi sekitar 130 denyut per menit. Efek ini hampir sama seperti ketika Anda menaiki tangga 15 sampai 20 detik, atau mirip dengan jalan cepat atau berlari lamban.

“Berhubungan seks tiga kali sepekan selama minimal 20 menit akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 50 persen. Ini juga akan menurunkan risiko kanker ovarium, leher rahim, usus, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2,” ujar dr Lee.

4. Seks bisa mengurangi sakit

Menurut dia, seks juga menjadi pembunuh rasa sakit alami. Melalui seks, oksitosin disekresikan di tubuh Anda yang pada gilirannya akan menyebabkan pelepasan endorfin. Dalam kasus ini, seks bisa bertindak sebagai analgesik yang kuat dan meningkatkan ambang rasa sakit.

5. Seks akan membantu latihan otot dasar panggul

Dr Lee mengatakan, selain melakukan latihan otot dasar panggul yang dikenal dengan kegel, Anda dapat memperkuat area seks melalui penetrasi. “Hal ini dapat membantu meminimalkan risiko inkontinensia di kemudian hari,” kata dia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *