Setya novanto Juara dalam Berita Korupsi Indonesia

Setya novanto Juara dalam Berita Korupsi 

Majalah24,- mantan Ketua DPR dan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto alias Setnov Juara dalam Berita Korupsi Indonesia. Hal ini terkait kasus korupsi proyek e-KTP.

Direktur Lembaga Monitor Indonesia Ali Rifan menjelaskan,dominasi pemberitaan korupsi oleh Setnov itu terkait dengan terungkapnya kasus korupsi di proyek e-KTP.

“Jika dipersentase, nama Setya Novanto mendominasi pemberitaan terkait dengan korupsi yang melibatkan parlemen,” ujar dia, di kantor Monitor Indonesia.

Ini terungkap dalam kategori survei bertema ‘korupsi anggota DPR’. Setnov sendiri meraih angka 29 persen.

Berita lainnya adalah, berturut-turut, terkait legislasi 22 persen, anggaran 19 persen, kinerja anggota 15 persen, dan topik berita lainnya 15 persen.

Terkait nada (tone) pemberitaan, tema korupsi anggota DPR mendominasi dengan nada berita yang lebih banyak negatifnya.

Ali meneruskan, kasus Setnov ini tidak hanya berdampak buruk pada isi pemberitaan lembaga DPR, namun ikut berimbas pada pemberitaan tentang partai Golkar.

Di survei ini pula dijelaskan bahwa Partai Golkar memiliki nada (tone) pemberitaan negatif paling tinggi dibandingkan partai lainnya sebesar 42 berita, dan disusul oleh PPP (10 berita) di posisi kedua.

“Pemberitaan Golkar sebagian besar didominasi oleh sub tema yang menyangkut kasus hukum yang menyerat nama ketua umumnya dan sejumlah kadernya,” ungkap dia.

Survei ini dilakukan dengan meneliti isi berita dari 6 media cetak nasional, seperti Koran Tempo, Kompas, Republika, Media Indonesia, Jawa Pos, dan Koran Sindo, pada periode 10 Agustus- 25 November 2017 lalu.

Jumlah berita yang dijadikan sampel yang berkaitan dengan tema ‘parlemen’ sebanyak 245 berita dengan menggunakan metode riset purposive sampling dan content analysis.

Memang dalam beberapa bulan ke belakang , kasus Setya Novanto yang paling banyak diberitakan oleh Media-media Nasional.

Setya novanto sudah menjalani sidang perdana Rabu pekan lalu, sidang pembacaan Setnov diwarnai ‘drama’.

Perlu waktu tujuh jam sejak sidang dibuka, untuk JPU KPK membacakan surat dakwaan mantan Ketua Fraksi Golkar itu.

Selama di dalam ruang sidang, Setnov tak banyak bicara. Dia terlihat duduk lesu di kursi pesakitan. Setnov pun lebih banyak menunduk saat jaksa penuntut umum KPK bergantian membacakan surat dakwaannya.

Dan hari ini Rabu (20/12) sidang akan di gelar kembali .

Baca juga :

Viral Foto Jokowi Muda Jadi Pengusaha Mebel
Golkar Dukung Jokowi Di Pemilu 2019
Siapa Sebenarnya Pelindung Setya novanto?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *