Terompet Tahun Baru Berisiko Tularkan Penyakit Difteri

Terompet Tahun Baru Berisiko Tularkan Penyakit Difteri

Majalah24,- Menjelang malam tahun baru beberapa jam kedepan,berhembus kabar bahwa difteri dapat menyebar melalui tiupan terompet atau penggunaan alat makan bersama. Kabar ini tentu membuat siapapun menjadi was-was lantaran penyakit difteri dapat berujung kematian mendadak.

Kemenkes sudah memberitahukan bahwa pada dasarnya seseorang yang sudah diimunisasi secara lengkap mempunyai kekebalan tubuh yang spesifik terhadap penyakit yang bisa dicegahh dengan imunisasi,salah satunya “Difteri”.

Dr. Elizabeth Jane Soepardi mengungkapkan “Yang penting itu (riwayat) imunisasinya. Imunisasi itu bisa mencegah difteri. Kalau sudah imunisasi kan sudah kebal,”

Lebih dijelaskan lagi,masyarakat lebih baik tidak bergantian menggunakan peralatan makan dengan penderita Difteri.

Begitu juga dengan menggunakan trompet di tahun baru.Kemenkes menyarankan agar hanya 1 trompet untuk satu orang dan jangan digunakan secara bergantian.

Masih perlu penelitian untuk dapat membuktikan apakah benar bahwa kuman Difteri bisa menular dengan cepat dari semburan ujung terompet.

Karena Difteri merupakan penyakit yang mudah menular dengan atau tanpa media terompet sekalipun.

Penyebaran kuman penyebab Difteri ini sangat mudah, bisa melalui bicara atau bersin yang tidak ditutup, bisa sejauh 7 meter dan Tidak perlu bantuan terompet

Liburan panjang tahun baru 2018 ini diharapkan untuk masyarakat agar selalu senantiasa cukup untuk beristirahan & memperhatikan asupan cairan dan makanan yang bergizi.

Di Indonesia,sudah banyak daerah yang terdampak oleh penyakit menular Difteri ini.

Diharapkan semua masyarakat untuk menjaga kesehatan dan rutin untuk mengecek kesehatan di dokter dan melakukan imunisasi.

Baca juga :

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *