KLIK DISINIMari Baca Berita Politik Nasional Indonesia Terbaru !

Waspada! Ini yang Akan Terjadi Kepada Anak Kecanduan Gadget

Waspada! Ini yang Akan Terjadi Kepada Anak Kecanduan Gadget

Majalah24.com – Psikolog dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin Padang, Sumatera Barat, Kuswardani Susari mengatakan kecanduan dalam menggunakan “gadget” dapat mengganggu perkembangan anak.

“Masa kanak-kanak merupakan masa keemasan, pada masa itu anak belajar mengenai apa yang belum diketahuinya,” kata dia dalam seminar nasional Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) di Padang, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia apabila seorang anak dalam masa kanak-kanak tersebut telah kecanduan “gadget” maka perkembangannya menjadi terhambat.

Ia menjelaskan, ciri-ciri seorang anak telah mengalami kecanduan “gadget” adalah durasi yang digunakan dalam penggunaan gadget tersebut berlangsung sangat lama seperti di atas enam jam dalam sehari.

Anak menjadi terobsesi, mudah marah, sedih dan frustasi jika tidak bermain dengan “gadget” contohnya, jika orang tua tidak mau meminjamkan gadget maka anak akan berontak dan marah.

“Begitu pula ketika orang tua hendak mengambil gadget yang sedang dipakai oleh anak,” tambahnya.

Anak akan enggan bersosialisasi, bolos sekolah, sulit berkonsentrasi pada dunia nyata, berbohong agar dapat melakukan aktivitas di dunia maya dan hal lainnya yang mampu memberikan dampak buruk terhadap perkembangan anak.

Baca Juga : Ternyata ‘Micin’ itu Bermanfaat! Berikut 3 Manfaat ‘Micin’ Untuk Kesehatan

Dengan demikian Ia menyarankan agar orang tua dapat menjadi panutan bagi anak dalam penggunaan gadget secara bijak.

“Orang tua dapat terlebih dahulu mendiskusikan kepada anak tentang dampak buruk dan baiknya dalam menggunakan gadget,” ujar dia.

Berusaha mengurangi waktu bermain anak dengan gadget, dengan meluangkan waktu untuk anak, ajak bersosialisasi dengan teman sebaya dan melakukan aktivitas menarik.

Meskipun, kata dia selain ada dampak negatif dari gadget juga terdapat dampak positifnya di antaranya menambah pengetahuan, memperluas jaringan persahabatan, mempermudah komunikasi dan melatih kreativitas.

“Semua itu tergantung bagaimana kita memberikan pengaturan yang baik kepada anak dalam penggunaan gadget,” ujar dia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *